Tuesday 20 April 2010

Pengertian Belajar

Assalamu' alaikum wr wb
alhamdulillah masih bisa nulis postingan lagi. kali ini ada sedikit catatan mengenai pengertian belajar.
Berikut ini beberapa pengertian belajar yang dikemukakan para ahli baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
Ahli Asing :

  1. Belajar adalah suatu perubahan yang tahan lama dalam mekanisme-mekanisme perilaku yang diakibatkan oleh pengalaman-pengalaman dengan peristiwa-peristiwa lingkungan. (Domjan dan Bukhard : 1986)
  2. Belajar diartikan suatu perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau dalam potensialitas perilaku yang diakibatkan oleh pengalaman dan tidak dapat diatribusikan pada kondisi tubuh sementara seperti kondisi-kondisi tubuh yang disebabkan oleh penyakit, kelelahan atau obat-obat. (Hergenhahn dan Olson : 1997)
  3. “Learning is what people do when they want to make sense of the world. It may involve an increase in skills, knowledge, understanding, values, feelings, attitudes and capacity to reflect. Effective learning leads to change, development and the desire to learn more”. (Campaign for Learning )
  4. Belajar sebagai perubahan potensialitas perilaku yang relatif permanent yang terjadi sebagai akibat dari latihan yang memperoleh penguatan (reinforcement). (Gregory A.Kimble)
  5. Menurut Hilhard Bower dalam buku Theories of Learning (1975). “Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecendrungan respon pembawaan kematangan”.
  6. Menurut Gagne dalam buku The Condition of Learning (1977) “Belajar terjadi apabila sesuatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya (performance-nya) berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi itu ke waktu sesudah ia mengalami situasi tadi.
  7. Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
  8. Crow & Crow (1958) : “ belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
  9. Menurut Santrock, learning is a relatively permanent change in behaviour that occurs through experience (perubahan perilaku yang relatif tetap akibat pengalaman) (Mazur, 1990).
  10. Belajar akan merubah seseorang, tetapi tidak semua perubahan tingkah laku di sebut belajar. Ciri-ciri belajar menurut Max Darsono Alex dkk (2000 : 30) adalah :
  1. Belajar dilakukan dengan sabar dan memiliki tujuan.
  2. Belajar merupakan pengalaman tersendiri.
  3. Belajar adalah proses interaksi individu dengan lingkungan.
  4. Belajar mengakibatkan terjadinya perubahan pada diri pelaku.

Ahli Indonesia :
  1. Belajar adalah perubahan tingkah laku baik aktual maupun potensial, perubahan itu pada pokoknya adalah didapatkannya tingkah laku baru atau kecakapan baru dan perubahan tersebut diperoleh karena adanya usaha, bukan karena kematangan, kelelahan, dan kekuatan otot (Sumadi Suryabrata, 2005:232)
  2. Belajar ialah proses penyesuaian seorang individu terhadap suatu keadaan secara sadar dan berpengaruh pada perubahan tingkah lakunya sesuai dengan yang dialaminya dengan kadar yang relative permanen melalui proses pemasukan, penyaringan, pemrosesan, dan pengeluaran hasil kepada individu lain, (Ence Surahman, 2009)
  3. Drs. M. Ngalim Purwanto, MP memberikan definisi belajar dari beberapa elemen :
    1. Belajar adalah merupakan suatu perubahandalam tingkah laku dimana perubahan itu dapat mengarah kepada tingkahlaku yang lebih baik tetapi ada kemungkinan mengarah kepada tingkahlaku yang lebih buruk.
    2. Belajarmerupakan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalamandalam arti perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan atautidak dianggap sebagai hasil belajar seperti perubahan-perubahan yangterjadi pada diri seorang bayi.
    3. Belajar adalah perubahan relatif mantap, harus merupakan akhir dari pada suatu priode waktu yang cukup panjang.
    4. Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang menyangkut berbagai aspekkepribadian, baik fisik maupun psikis seperti : perubahan dalampengertian, pemecahan suatu masalah, berpikir, keterampilan, kecakapan,kebiasaan ataupun sikap.
  4. Moh. Surya (1997) : “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.
Kesimpulan :

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu kearah yang lebih baik. Dan perubahan itu tidak hanya terjadi pada satu aspek saja melainkan berbagai aspek pribadi individu tersebut dan sifatnya relatif permanen. Perubahan itu disebabkan oleh interaksi dengan lingkungan serta pengalaman yang di alami oleh individu tersebut dan terjadi dengan sengaja dan berulang-ulang.

Key mudah-mudahan berguna, insya alloh kapan-kapan disambung lagi.
wassalamu'alaikum wr wb
Sumber : buku catatan

No comments:

Post a Comment

Sepatah-dua patah kata dari anda sangat berarti buat kami.
Terima kasih sudah berkunjung...

Pict

Designed by Animart Powered by Blogger