Wednesday 6 October 2010

GOOD MOOD


Pernahkah anda bertemu seseorang yang TAK PEDULI SEBERAPA FRUSTRASI nya dia, dia tetap menemukan CARA untuk TERSENYUM dan GEMBIRA? …

Seseorang yang berkata “yah emang susah sih… tapi bisa laaa!!!” atau “wah ga tau nih bakal kayak gimana tapi bodo la! …

Apapun yang terjadi tetep JALAN!” atau “WAH! HARI INI GUE DIPECAT! sedih sih… tapi seneng juga bisa cari kerjaan baru… entar malem ke X2 yu? lu yang traktir ya?… gue kan pengangguran!”
Dan pernahkah anda bertemu seseorang yang SEBERAPA BERUNTUNGNYA DIA tapi SELALU SAJA MENGELUH? 

Seseorang yang berkata “HAAAAH! NAIK GAJI TAPI TETEP AJA GA CUKUP!” dan semacamnya…
Seperti anda tau, EMOSI itu MENULAR. Jika anda dapat MEMANCARKAN emosi POSITIF seakan TIDAK ADA HAL APAPUN yang dapat MERENGGUT KEBAHAGIAAN anda, maka WANITA akan lebih TERTARIK dengan anda.so BE HAPPY and STOP COMPLAINING!
Pertama, Jadilah Pria yang SELALU melihat sisi POSITIF dari semua HAL NEGATIF yang ditemuinya.
Kedua, Tidak berusaha mengambil simpati orang lain. Banyak orang melakukan hal hebat, tapi sayangnya mereka TERLALU BERLEBIHAN dalam “membanggakan” prestasi mereka.orang yang INGIN MENDAPATKAN SIMPATI orang lain dengan MENONJOLKAN DIRI atau VALUE nya adalah JUSTRU orang yang TIDAK MENARIK.
Orang yang dapat MENAHAN “gejolak” untuk MEMAMERKAN prestasi mereka SEHEBAT APAPUN ITU dan MAMPU untuk “stay in control”, adalah JUSTRU lebih menarik.

BE ATTRACTIVE but STAY LOW KEY.
Ketiga, TIDAK BERUSAHA untuk SELALU memberikan PENDAPAT terhadap SEMUA masalah orang.Ini adalah HAL yang vital!

Kebanyakan orang mempunyai pikiran yang salah… jika TEMAN anda menceritakan MASALAH mereka atau CURHAT, itu bukan berarti mereka MEMINTA PENDAPAT anda, itu berarti mereka INGIN merasakan EMPATI atau RASA PEDULI anda.

Kebanyakan orang jika mendengarkan orang lain menceritakan masalah mereka, maka DENGAN SEGERA orang tersebut berkata: “WAH SEHARUSNYA BEGINI!” atau “WAH SALAH TUH! YANG BENER BEGINI”dan SUDAH DAPAT DITEBAK bahwa orang yang menceritakan masalah mereka akan diam merasa TIDAK NYAMAN.

Jika ada teman anda atau WANITA menceritakan masalahnya kepada anda, tunjukanlah empati dan rasa peduli anda kepadanya dan jangan LANGSUNG memberikan PENDAPAT anda! Tunggu sampai dia BERTANYA, barulah anda berikan pendapat anda.
Keempat, Mengerti SUDUT PANDANG orang lain

Steven Covey dalam bukunya the 7 habits memukul KEPALA saya dengan kalimat “SEEK FIRST TO UNDERSTAND, THEN TO BE UNDERSTOOD!” dalam bahasa indonesia adalah “MENGERTILAH ORANG TERLEBIH DAHULU, BARULAH MEREKA AKAN MENGERTI KITA”.

Nah kebanyakan yang kita lakukan adalah KITA MAU DIMENGERTI DULU baru kita MAU MENGERTI ORANG LAIN.

Iya kan?…dan apa yang biasanya terjadi? ya sudah tentu hal yang kita namakan CONFLICT! Kenapa CONFLICT? Karena kita TIDAK MAU MENGERTI dan MEREKA TIDAK MAU MENGERTI, maka terjadilah CONFLICT.

Coba bayangkan anda BERDEBAT dengan seseorang tentang sebuah mobil yang anda lihat, dan anda berkata “MOBIL ITU WARNA HITAM!” dan orang tersebut berkata “HAH? BUTA YA? MOBIL ITU WARNA HIJAU!”… dan anda berkata “APA? LU YANG BUTA! JELAS-JELAS HITAM!” dan perdebatan pun TERUS BERLANGSUNG.dan TERNYATA, anda dan dia, kedua-duanya BENAR…ternyata anda melihat SISI KIRI mobil yang MEMANG warna HITAM. Sedangkan orang tersebut melihat SISI KANAN mobil yang memang warna hijau… dengan kata lain, mobilnya di cat berbeda masing-masing sisi.Nah tapi akankah ANDA DIMENGERTI oleh “teman debat” anda jika anda tidak TERLEBIH DAHULU MENGERTI DIA?

Bayangkan jika pada saat “teman debat” anda NGOTOT mobilnya warna hijau dan anda MENGERTI dia dahulu dengan datang ke sisi nya dan MELIHAT dari sudut pandang nya yaitu SISI KANAN… akankah anda juga akan setuju bahwa mobilnya warna HIJAU?YA SUDAH TENTU!

Nah akankah “teman debat” anda kini SATU PENDAPAT dengan anda yaitu mobilnya BERWARNA HIJAU?YA SUDAH TENTU!
Nah sekarang akankah MUDAH bagi anda untuk MENGAJAKNYA datang ke sisi KIRI dan membuatnya SETUJU bahwa mobilnya warna HITAM? Sudah tentu! 

Contoh sederhana diatas MENGGAMBARKAN bahwa jika kita MAU MENGERTI dahulu, maka orang lain juga akan MENGERTI anda juga. Jika anda dapat MENGERTI PERASAAN orang lain, maka mereka akan mudah MEMBUKA DIRI dan MENGERTI anda SEBALIKNYA… 
Ini yang disebut KALIBRASI… dengan MENGERTI perasaan wanita, anda akan TAU LEBIH PASTI kapan untuk menelpon dia, kapan untuk melakukan flirting, kapan untuk bercanda, kapan untuk serius, kapan untuk maju dan kapan untuk mundur…

Kembangkanlah INTUISI EMPATI anda untuk LEBIH MENGERTI DAHULU sebelum DIMENGERTI orang lain.

SEEK FIRST TO UNDERSTAND, THEN TO BE UNDERSTOOD!

No comments:

Post a Comment

Sepatah-dua patah kata dari anda sangat berarti buat kami.
Terima kasih sudah berkunjung...

Pict

Designed by Animart Powered by Blogger